Berita Flora Fauna Indonesia

Berita dan Informasi Keanekaragaman Flora Fauna Indonesia

Rafflesia Patma Mekar Kedua Kalinya di Kebun Raya Bogor

leave a comment »

Rafflesia Patma kembali mekar di Kebun Raya Bogor untuk kedua kalinya setelah peristiwa serupa terjadi 2 Juni lalu. Rafflesia patma yang mekar kali ini merupakan salah satu lima bakal calon bunga.

Menurut Sofie Mursidawati, seorang peneliti LIPI yang mengamati perkembangan bunga Rafflesia Patma ini, tanda-tanda bunga langka ini akan mekar sudah terlihat pada hari Sabtu, bunga rafflesia patma mekar sempurna pada hari Minggu, 20 Juni sekitar pukul 05:30 WIB.

“Berbeda dari pendahulunya, Rafflesia Patma yang mekar kali ini warnanya lebih cerah,” ujar Sofie dalam siaran pers LIPI, Senin.

Sofie mengatakan, Rafflesia adalah tumbuhan yang unik, memiliki sifat hidup yang menarik perhatian berbagai kalangan terutama peneliti. Hingga kini teknik untuk menumbuhkan Rafflesia diluar habitatnya (ex situ) masih sangat sukar. Untuk melihatnya orang harus datang langsung ke habitat aslinya.

“Ini karena sifat biologis Rafflesia yang sangat rumit, karena hidupnya yang bergantung pada inangnya yaitu Tetrastigma spp, yang berasal dari suku anggur-angguran (Vitaceae).

Menurut Sofie, usaha untuk membuat Rafflesia hidup diluar habitatnya sudah dilakukan sejak tahun 1857 oleh peneliti-peneliti Belanda, namun banyak aspek kehidupan biologisnya yang masih jadi misteri sehingga kelangkaan masih melekat pada tumbuhan ini.

Keberhasilan para peneliti Indonesia dalam membuat Rafflesia tumbuh dan berbunga di Kebun Raya Bogor merupakan sebuah pencapaian yang menjadi batu loncatan karena ini merupakan buah dari ketekunan dari percobaan bertahun-tahun.

Mekarnya Rafflesia Patma di Kebun Raya Bogor setelah melalui penelitian intensif yang dilakukan sejak tahun 2004. Para peneliti mengambil inangnya langsung dari kawasan Pangandaran, Jawa Barat.

Rafflesia Patma merupakan bunga bangkai endemik Jawa Barat. Hasil percobaan ini diharapkan dapat diterapkan pada jenis-jenis Rafflesia lainnya di Indonesia seperti Rafflesia arnoldi yang keberadaannya semakin tergusur oleh aktivitas manusia.

Informasi mekarnya Rafflesia Patma telah tersebar di masyarakat. Staf Informasi Kebun Raya Bogor, Upun Punijar, sebagaimana dilansir Berita Flora Fauna menyebutkan banyak pengujung yang datang ke Kebun Raya Bogor untuk melihat bunga langka tersebut.

Kehadiran Rafflesia Patma di Kebun Raya Bogor dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengisi waktu liburan, meski Rafflesia hanya bisa bertahan selama lima hari kemudian akan layu kembali. Pengunjung juga bisa mendatangi musium Herbarium di Cibinong Seince Center Pusat Penelitian Biologi.

Written by montiga

Juni 22, 2010 pada 11:16 pm

Tinggalkan komentar